Usaha yang Termasuk UMKM

  • Berani
  • Okt 03, 2021
Ide Jenis Usaha UMKM

Di dalam dunia usaha, pasti Anda mendengar dengan istilah sebutan bisnis UKM dan UMKM. Pada dasarnya kedua jenis bisnis ini memiliki tujuan yang sama dalam membangun perekonomian di Indonesia. Namun keduanya tentu memiliki beberapa perbedaan dimana UKM adalah kependekan dari Usaha Kecil dan Menengah, sedangkan UMKM adalah kependekan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Bagi para pengusaha yang baru saja terjun ke dalam dunia bisnis digital online tentu wajib mengetahui apa saja perbedaan dari UKM dan UMKM ini. Mengacu dari beberapa pengaturan Undang-Undang (UU) yang berlaku di Indonesia, UKM dan UMKM ini memiliki berbagai aspek yang berbeda antara keduanya, yaitu: 

Pembinaan dan Pemberdayaan Usaha

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, UKM merupakan Usaha Kecil dan Menengah. Jenis usaha ini sering digunakan dalam istilah untuk menyebut unit usaha dari skala kecil dan menengah. Berbeda dengan istilah UMKM adalah kependekan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang mana istilah ini mencakup ketiga jenis usaha yaitu mikro.

Dalam pembinaan dan pemberdayaan jenis kedua usaha ini telah diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, yang mana usaha mikro dibina oleh Kabupaten dan Kota, sedangkan usaha kecil dibina oleh Provinsi dan usaha menengah diperuntukkan skala nasional.

Omzet Usaha

Penggolongan jenis usaha UKM dan UMKM juga bisa dilihat melalui berapa besaran omzet yang dihasilkan setiap tahunnya. Menurut UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Usaha mikro memiliki omzet usaha maksimal Rp300 Juta setiap tahunnya. Sedangkan usaha kecil memiliki omzet mulai Rp300 Juta hingga Rp2,5 Milyar. Berbeda dengan usaha menengah yakni memperoleh omzet setiap tahunnya sebesar Rp2,5 Milyar hingga Rp50 Milyar.

Selanjutnya perbedaan UKM dan UMKM dapat dilihat dari modal awal yang dikeluarkan. Untuk mendirikan UKM setidaknya besaran nominal yang dikeluarkan adalah sebanyak Rp50 Juta, sedangkan untuk UMKM ialah sebesar Rp300 Juta.

Kekayaan Bersih

Untuk usaha mikro, kekayaan bersih yang dihasilkan setidaknya mencapai Rp50 Juta. Sedangkan untuk usaha kecil berkisar di atas Rp50 Juta hingga Rp500 Juta. Dan usaha menengah memiliki kekayaan bersih di antara Rp500 Juta hingga Rp10 Milyar.

Jumlah Karyawan

Perbedaan UKM dan UMKM bisa terlihat juga pada jumlah karyawan yang dimiliki oleh suatu badan usaha. Menurut Badan Pusat Statistik, usaha mikro setidaknya memiliki 1 sampai 5 karyawan, kemudian untuk usaha kecil mempunyai tenaga kerja sebanyak 6 hingga 19 orang. Sedangkan untuk usaha menengah setidaknya memiliki jumlah karyawan sebanyak 20 sampai 99 orang.

Setelah memahami perbedaan dimana UMKM adalah kependekan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, sedangkan UKM adalah singkatan dari Usaha Kecil Menengah, Anda juga perlu memahami bagaimana cara mendaftar UKM go online. Saat ini telah tersedia situs online yang bisa Anda daftar agar memperoleh bantuan UMKM. Anda bisa mengunjungi situs https://oss.go.id agar usaha online Anda terdaftar oleh pemerintah dan akan mendapatkan program bantuan yang tersedia.

Memiliki usaha UMKM bisa menjadi salah satu impian para pebisnis pemula yang ingin menghasilkan omzet puluhan juta hingga milyaran. Di era digital seperti ini cara mendaftar UKM go online bisa menjadi salah satu langkah agar bisnis yang dimiliki semakin dikenal oleh banyak orang. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui apa saja jenis usaha yang termasuk UMKM untuk memulai ide bisnis yang banyak dilirik oleh pasar online.

Jenis Usaha UMKM

  1. Usaha Mikro

Usaha yang dimiliki oleh perorangan dengan kekayaan bersih maksimal Rp50 Juta dan omzet usaha sebesar Rp300 Juta.

  1. Usaha Kecil

Usaha yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha dengan total kekayaan bersihnya berkisar Rp50 Juta hingga Rp500 Juta dan besaran omzet usaha sebanyak Rp300 Juta sampai Rp2,5 Milyar.

  1. Usaha Menengah

Usaha ekonomi produktif yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha dengan kekayaan bersih sebesar Rp500 Juta hingga Rp10 Milyar dan total omzet usaha sebesar Rp2,5 Milyar hingga Rp50 Milyar.

Ide Usaha UMKM

Bisnis online memang memiliki pesaing yang banyak di seluruh Indonesia, meski begitu, peluang untuk mendatangkan target pasar juga akan lebih banyak daripada sekedar berjualan secara offline. Oleh sebab itu Anda juga harus mengetahui apa saja ide usaha yang termasuk UMKM dan dilirik oleh pembeli maupun pebisnis online.

  1. Bisnis Fashion

Meski banyak pesaingnya, bisnis fashion memang lebih banyak dilirik oleh para pengusaha. Karena perubahan tren mode yang selalu berganti-ganti, bisnis fashion berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar terutama di momen seperti Lebaran, Tahun Baru dan lain-lain.

  1. Bisnis Kecantikan

Menjual produk kecantikan juga berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Terlebih lagi saat ini banyak para pebisnis yang menerapkan sistem jualan dropship dan reseller untuk membernya. Tentu Anda grafik penjualan Anda akan semakin meningkat.

  1. Bisnis Kuliner

Kuliner merupakan sebuah bisnis yang akan selalu hidup sampai kapanpun. Karena tingkat kebutuhan seseorang untuk membeli makanan selalu ada. Untuk membangun usaha skala mikro hingga menengah, Anda juga bisa membangun usaha kuliner dengan resep sendiri agar toko Anda lebih dikenal luas oleh banyak orang.

  1. Bisnis Alat Rumah Tangga

Berbagai ide usaha perabotan dan alat rumah tangga juga banyak dilirik oleh pebisnis online. Bahkan saat ini kerajinan seperti perabotan piring, gelas hingga dekorasi rumah pun banyak diminati oleh orang-orang. Tak salah mengapa bisnis alat rumah tangga ini banyak diminati oleh setiap orang.

  1. Bisnis Teknologi

Bisnis teknologi bisa menjadi salah satu ide usaha yang termasuk UMKM di era digital saat ini. Terlebih lagi, jika Anda senang menciptakan inovasi terbaru dalam dunia teknologi. Saat ini sudah banyak perusahaan yang bergerak di bidang teknologi menawarkan berbagai produk seperti alat elektronik, jasa pembuatan website, jasa pembuatan aplikasi dan lain-lain.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *