Usaha Kecil dan Menengah

  • Berani
  • Okt 03, 2021
Usaha Kecil dan Menengah

UKM atau kepanjangannya yaitu Usaha kecil dan Menengah, adalah unit usaha yang didirikan oleh para pengusaha untuk meningkatkan taraf hidup melalui usaha, dan sekaligus menggerakkan perputaran roda perekonomian nasional.

Di masa ini, membuka usaha tidak memerlukan modal yang sangat besar, bahkan bisa dilakukan dari rumah. Terlebih dengan adanya pendaftaran UKM dengan cara mendaftar UKM Go Online, anda tidak perlu repot-repot datang ke sana kemari, untuk mendaftarkan usaha anda, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Namun, sebelum memulai usaha, ada baiknya untuk mengetahui seluk beluk dari UKM sendiri. Usaha Kecil dan menengah adalah aktivitas usaha yang dilakukan oleh perseorangan, atau badan usaha milik perorangan. Terdapat perbedaan yang mencolok dengan usaha besar, dari pendapatan bersih dan omzet usahanya.

Bisnis UKM yang Menjanjikan

Terdapat banyak bidang bisnis yang menjanjikan untuk digeluti, dengan kemungkinan untung yang tidak sedikit, yaitu

  1. Bisnis Kuliner

Selama manusia hidup, bisnis kuliner tidak akan pernah mati. Hal inilah yang menjadikan kekuatan usaha kecil dan menengah di bidang bisnis kuliner. Namun, kekurangannya adalah banyaknya saingan yang ada, dan kualitas produk yang tiap hari harus terus bertahan atau meningkat.

  1. Bisnis Fashion

Bisnis fashion menjanjikan profit yang cukup banyak dalam setiap pembelian, terutama pada momen-momen tertentu seperti hari besar. Indonesia dengan keberagamannya, menjadi tempat yang menjanjikan untuk mendirikan UKM di bidang fashion, karena seringnya momen istimewa dalam setahunnya.

  1. Bisnis otomotif

Di masa kini ataupun masa sebelumnya, kendaraan adalah bidang yang juga tidak pernah mati bagi manusia. Bidang bisnis otomotif tidak hanya melulu tentang jual beli suku cadang, ataupun bengkel. Lebih luas lagi, usaha kecil dan menengah yang bisa anda rintis bisa dimulai dari rental, jasa cuci kendaraan.

Kelebihan UKM

Terdapat beberapa kelebihan dari UKM, jika dibandingkan dengan usaha besar yang dapat dioptimalkan untuk mendapatkan profit yang maksimal, di antaranya :

  1. Mudah Dimulai

Untuk mulai merintis UKM, tidak memerlukan modal besar dan bisa menggunakan modal seadanya. Meskipun, perbedaan modal juga akan berpengaruh pada penjualan, tetapi dengan kelenturan ini, memiliki usaha dan kerja keras dapat berbuah manis meski modalnya tidak banyak.

  1. Cepat Berinovasi

Meskipun dimulai dengan modal kecil, selama inovasi terus dilakukan, dan kualitas produk dipertahankan, maka akan dapat memaksimalkan pendapatan yang masuk. Contoh usaha kecil dan menengah yang penuh dengan inovasi tiap harinya, adalah di bidang fashion.

  1. Fokus pada satu bidang bisnis

Karena fokus pada satu bidang yang digeluti, lebih mudah untuk bisa dikenal dan diingat oleh pelanggan, terutama apabila produk yang anda jajakkan berkualitas. Hal ini bisa membuat pelanggan betah, dan cukup mudah untuk menjadi pelanggan setia anda.

Demikian ulasan singkat mengenai Usaha Kecil Menengah, termasuk bidang bisnis UKM yang menjanjikan dan kelebihannya. Setiap bidang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, tapi bila digeluti dengan tekun, tentu akan berbuah manis di kemudian hari.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *