Langkah Memulai Bisnis Online

  • Berani
  • Sep 29, 2021
langkah memulai bisnis online

Era 21 adalah eranya serba online, hanya bermodalkan gadget Anda sudah bisa melakukan apa saja dari genggaman. Mulai dari bekerja hingga memenuhi kebutuhan sehari-hari karena banyaknya bisnis berbasis online. Apakah Anda juga tertarik untuk berbisnis online? Jika ya, simak langkah memulai bisnis online berikut ini.

Apa itu Bisnis Online?

Bisnis online ialah suatu kegiatan bisnis yang dilakukan di dunia digital/maya dengan bantuan koneksi internet untuk menjalankan bisnisnya. Seperti berjualan produk dan jasa melalui website atau marketplace.

Langkah Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Ada beberapa cara memulai bisnis online untuk pemula di antaranya:

Apa yang ingin Anda Jual?

Langkah pertama, Anda harus tahu dan paham apa yang ingin dijual. Apakah berupa produk atau jasa. Jika produk, produk apa yang ingin Anda tawarkan. Contoh produk fashion, gadget, dan produk lainnya.

Apabila Anda ingin menawarkan jasa, jas seperti apa yang Anda tawarkan. Contoh jasa fotografi, jasa membuat website, dan lain sebagainya.

Hal ini cukup vital untuk kelangsungan bisnis Anda nanti. Dengan memahami kualitas produk, Anda akan lebih mudah meyakinkan calon customer untuk membeli atau menggunakan produk Anda.

Selain itu, Anda juga harus tahu selera pasar atau apa yang tengah menjadi tren atau tengah dicari saat ini. Dengan begitu, Anda lebih tahu dan bisa memperkirakan seberapa besar peluang keuntungan Anda di usaha tersebut.

Riset Kompetitor

Riset kompetitor juga dibutuhkan untuk mengetahui bagaimana cara bisnis online lawan, apakah menjualnya melalui marketplace, website atau dengan cara lain.

Bukan hanya itu, cari tahu apa kelebihan dan keunggulan bisnis lawan hingga mampu mendatangkan banyak pembeli. Jika sudah tahu, cobalah untuk mencari kekurangannya melalui ulasan-ulasan yang diberikan.

Lalu, berikan solusi atas kelemahan lawan dan mulailah masuk dengan menunjukkan performa terbaik Anda hingga dilirik banyak calon customer.

Jangan pernah bersaing harga. Karena tidak selamanya harga yang lebih rendah dari pelapak lain akan mendatangkan banyak pembeli. Masih ada banyak customer yang lebih mementingkan kualitas ketimbang harga loh. Ini juga patut untuk dipertimbangkan masak-masak.

Cari Supplier

Langkah memulai bisnis online selanjutnya adalah mencari supplier yang amanah. Bisa mencari di pusat grosir atau seperti Alibaba jika ingin menggaet produk luar negeri. Tidak ada salahnya juga jika Anda ingin ke sentra produksi seperti kerajinan untuk memberdayakan usaha kecil di sekitar Anda.

Atau jika ingin dengan cara dropship dan reseller juga sudah banyak pilihan. Yang penting, pilihlah supplier yang bisa diajak bekerjasama untuk memberikan Anda keuntungan dan Anda pun memberikan keuntungan bagi supplier alias mutualisme.

Brand

Brand atau merek cukup mempengaruhi bisnis loh jika Anda fokus dalam satu produk saja. Contohnya saja Anda menjual kaos dan mengambilnya dari produsen untuk kemudian Anda bisa memberikan label merek dari Anda sendiri.

Adanya brand untuk produk Anda akan sangat memudahkan pelanggan untuk menemukan Anda. Namun, perlu perhatikan juga citra bisnis Anda ya. Karena bisnis dengan reputasi yang baik akan lebih mudah dilirik orang.

Promosi

Promosi ini bisa Anda lakukan dengan cara beragam, mulai dari gratis hingga berbayar. Bisa juga memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.

Promosi juga merupakan salah satu cara efektif memulai bisnis online loh. Jadi maksimalkan promosi Anda untuk meraih banyak customer baru.

Demikianlah 5 langkah memulai bisnis online dengan mudah yang bisa dilakukan bahkan untuk pemula. Ingat selalu untuk membangun citra bisnis yang baik untuk menarik perhatian customer. Jangan hanya citra bisnis saja, tapi pastikan semua produk yang Anda tawarkan dalam kondisi prima dan berkualitas.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *