Kesalahan Internet Marketing

  • Berani
  • Sep 27, 2021
Harus Dihindari dalam Internet Marketing

Internet marketing saat ini harus dilakukan untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan. Ada strategi tersendiri dalam melakukan pemasaran online. Namun, Anda harus menghindari kesalahan internet marketing agar tidak membuang waktu, uang, tenaga dengan percuma.

Untuk tahu apa saja kesalahan dalam pemasaran digital yang harus dihindari, simak informasi berikut ini.

Tidak Ada Tujuan, Target dan Strategi yang Jelas

Sama seperti marketing offline, Anda harus menentukan target, tujuan dan strategi yang jelas. Jika Anda bingung menentukan target, Anda bisa melihat produk Anda. Kira-kira, produk tersebut pas atau cocok untuk dipergunakan dan dibeli oleh siapa.

Kesalahan menentukan target marketing bisa membuat penjualan produk tidak berjalan dengan maksimal. Jadi, pahami dengan baik dan tentukan target yang tepat.

Tidak memiliki tujuan dan strategi juga harus dihindari saat melakukan internet marketing. Anda butuh tujuan dan target agar bisa fokus. Sedangkan strategi dibutuhkan agar Anda bisa mencapai tujuan dan target tersebut.

Hal yang harus diperhatikan adalah, strategi setiap tempat usaha berbeda satu dengan yang lainnya. Ini disebabkan karena situasi dan kondisi bisnis yang berbeda. Anda bisa menggunakan analisis, misalnya SWOT untuk menentukan strategi yang tepat.

Menggunakan Konten yang Biasa Saja

Beberapa pengusaha atau pebisnis terutama yang masih pemula, ketika ingin memasarkan produk, cenderung menggunakan aset yang sudah ada. Sayangnya, jika asset seperti foto, video ataupun tulisan seputar produk hanya digunakan apa adanya dan tidak dipercantik, menjadi tidak menarik.

Bisa dikatakan bahwa konten adalah ujung tombak dari pemasaran digital. Tidak membuat konten yang menarik menjadi kesalahan marketing online yang fatal dan harus dihindari.

Jika Pun Anda tidak bisa membuatnya sendiri, sebaiknya gunakan jasa profesional untuk membuat konten yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan influencer dalam pembuatan konten pemasaran tersebut.

Tidak Responsif

Tidak responsive ini bisa mencakup pelayanan namun bisa juga mencakup device atau sistem yang dipergunakan. Kesalahan digital marketing karena tidak responsive akan menyebabkan Anda kehilangan calon pembeli dan pelanggan yang potensial.

Tidak Memaksimalkan SEO  

Jika Anda menjual produk lewat digital dan memiliki Website, tidak memaksimalkan SEO adalah hal yang harus dihindari. Baik SEO off page ataupun on page, keduanya bisa membantu untuk memaksimalkan trafik pengunjung. Semakin tinggi trafik pengunjung, maka semakin tinggi pula potensi penjualan produk.

Jika Anda tidak memaksimalkan SEO ataupun SEM, website akan memiliki trafik pengunjung rendah. Akibatnya, peluang produk terjual juga semakin rendah.

Tidak Membangun Branding yang Kuat

Dalam penjualan, termasuk digital marketing, tidak hanya sebatas penjualan langsung, namun juga membangun nam dan reputasi. Namun, saat Anda branding, hindari menonjolkan keunggulan bisnis dan tidak menjatuhkan kompetitor lainnya.

Anda bisa membangun branding dengan berkolaborasi bersama influencer, mengadakan acara non profit ataupun kompetisi misalnya giveaway. Dengan begitu, reputasi bisnis bisa terbangun dan semakin banyak orang yang tahu brand Anda.

Asal-Asalan Menggunakan Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu media untuk bisnis Anda dan audiens/calon pembeli berinteraksi. Platform ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan branding dan trust.

Asal-asalan menggunakan media sosial, seperti tidak merespons followers anda ataupun melakukan spamming, akan membuat bisnis Anda ditinggalkan. Jikapun Anda kesulitan mengunggah konten di media sosial, ada tools penjadwalan yang bisa dipergunakan.

Itulah 6 kesalahan internet marketing yang harus dihindari agar bisnis Anda berjalan dengan baik dan semakin berkembang, semoga informasi ini membantu Anda.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *