Cara Pendaftaran UKM Online

  • Berani
  • Okt 05, 2021
Cara Pendaftaran UKM Online

Usaha kecil menengah atau sering disingkat UMKM merupakan usaha atau bisnis yang dijalankan dalam komunitas kecil. Biasanya UKM hanya dijalankan oleh perorangan atau rumah tangga tanpa melibatkan banyak orang. Di tahun 2021 ini UMKM mendapatkan perhatian khusus dengan diadakannya banyak program dari pemerintah salah satunya pendaftaran online UKM. Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan pihak UKM jika melalukan pendaftaran. Berikut penjelasan mengenai cara pendaftaran UKM online.

Cara Pendaftaran UMKM Online

Usaha menengah sekarang memang lebih baik untuk mendaftarkan usahanya secara online karena akan ada banyak benefit yang bisa didapatkan. Mendaftar UMKM online tidaklah sulit asalkan benar-benar memiliki usaha menengah maka proses pendaftaran bisa cepat dan mudah.

  • Cara mendaftar UKM go onlone yang pertama adalah dengan melakukan pendaftaran akun di https://oss.go.id/ . Ikuti saja arahan untuk membuat akun yang sangat mudah. Jika akun sudah terbuat maka otomatis akan login dengan sendirinya.
  • Setelah berhasil masuk atau login pilih opsi menu “ Perizinan Berusaha “. Nanti akan muncul lagi beberapa pilihan jenis usaha namun pilih saja “ Perorangan “.
  • Nanti akan dua pilihan antara pendaftaran NIB usaha kecil perorangan atau usaha mikro perorangan. Pilih opsi selanjutnya yaitu “ Pendaftaran NIB Usaha Kecil Perseorangan “.
  • Di sini setiap pendaftar wajib mengisi NIB dan juga Surat Izin Usaha. Jika sudah selesai mengisi maka lanjutkan dengan mengisi atau melengkapi profil. Apabila semua kolom pertanyaan pada profil sudah terisi dengan benar maka pilih saja Save atau Simpan.
  • Lanjut ke pilihan opsi selanjutnya yaitu menu “Data Usaha “ dan pilih “ Tambah Usaha “. Akan ada kolom untuk mengisi berbagai data usaha maka dari itu isi data dengan benar “. Jika sudah benar maka pilih opsi Simpan agar data tersimpan di akun tersebut.
  • Lanjut lagi ke “ Komitmen Prasarana Usaha “ dan isi semua perizinan terkait usaha seperti izin lingkungan dan juga lokasi lalu pilih opsi Selanjutnya.
  • Setelah semua data dimasukkan preview atau cek lagi data yang dimasukkan apakah sudah benar atau belum jika sudah benar maka langsung saja pilih opsi “ Proses NIB “.

Manfaat Mendaftarkan UKM

Cara pendaftaran UKM online sangat mudah dan setiap pemilik usaha kecil bisa mendaftarkan usahanya. Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan seperti yang paling pasti adalah bantuan dana dari pemerintah. Dari pendaftaran di atas maka pemilik akun bisa mendapatkan bantuan uang tunai dengan nilai yang lumayan. Selain itu tentu akan ada benefit lain ke depannya maka dari itu tidak ada salahnya mendaftar.

Di tahun 2021 memang pendaftaran UMKM memang sedang marak karena banyaknya usaha yang sedang mengalami banyak masalah terutama dalam hal keuangan. Maka dari itu cara pendaftaran UKM online bisa menjadi salah satu solusi yang tepat.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *