Cara Mendaftar UKM Go Online

  • Berani
  • Okt 01, 2021
Cara Mendaftar UKM Go Online

Perekonomian dari suatu negara bergantung sekali dengan usaha yang warganya lakukan. Beberapa pengusaha bermodal kecil ataupun menengah dengan cara mendaftar UKM go online. Dengan bantuan dari pemerintah, bisnis atau usaha UKM bisa berkembang secara pesat. Usaha yang dapat diupayakan oleh pengusaha UKM secara mandiri adalah dengan memilih usaha populer serta strategi pengembangan jitu.

Jika Anda saat ini sedang jalankan UKM atau UMKM, ada baiknya untuk Anda mendaftarkan bisnis tersebut. Perizinan penting sekali untuk usaha tersebut yang ingin naik kelas. UKM ataupun UMKM yang terdaftar pun mempunyai peluang untuk dapatkan bantuan pemerintah.

Cara daftar UKM atau UMKM pun kian mudah dengan adanya cara mendaftar ukm go online secara gratis atau bebas biaya. Mari simak informasi secara lengkap mengenai cara daftar UKM atau UMKM online berikut ini.

Pengertian dari UKM dan UMKM

UKM merupakan jenis usaha yang dijalankan dengan skala yang kecil menengah, serta bukan merupakan anak perusahaan ataupun cabang perusahaan mana saja. Jadi, secara tak langsung pengertian usaha kecil dan menengah adalah usaha kecil yang mempunyai pemasukan di bawah 300 juta dengan jumlah pekerjanya di bawah dari 20 orang. Sementara usaha kecil dan menengah yang pemasukannya di bawah 500 juta dengan jumlah pegawainya di bawah dari 30 orang.

UMKM adalah kependekan dari Usaha Mikro, Kecil, Menengah. Pengertian dari UMKM adalah bisnis atau usaha yang dijalankan perseorangan, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Usaha mikro kecil menengah menurut Prof. Ina Primiana seorang ekonom senior, adalah kegiatan usaha dengan skala kecil yang dorong pergerakan dari perekonomian dan pembangunan Indonesia.

Memahami tentang UKM dan UMKM, tidak hanya sekedar mengetahui tentang singkatan UMKM dan UKM maupun pengertian dari dua jenis usaha tersebut, tapi juga paham dan tahu tentang perbedaannya. Nah, berikut adalah beberapa perbedaan usaha mikro dan kecil.

Perbedaan UKM dan UMKM

Perbedaan dari UKM serta UMKM yang pertama adalah modal awal yang dibutuhkan untuk pendirian dari usaha. Modal awal yang dibutuhkan untuk dirikan UKM tak terlali besar apabila dibandingkan untuk pendirian UMKM. Modal UKM sekitar Rp. 50 juta.

Sementara, modal untuk pendirian UMKM memerlukan sekitar Rp. 300 juta ataupun bisa dapatkan bantuan dari pemerintah. Namun, tak tutup kemungkinan walaupun di awal usaha sudah keluarkan biaya yang banyak, jumlah pendapatannya pun impas. Modal awal UMKM terbilang besar karena UMKM mempunyai peran yang penting di dalam kegiatan ekonomi yang produktif, serta dinilai lebih mempunyai kontribusi yang besar untuk perkembangan perekonomian Indonesia.

  • Jumlah Karyawan

Jumlah karyawan yang dipunyai oleh UKM dan UMKM pun berbeda. Tenaga kerja unit usaha mikro paling sedikit memiliki 1 sampai 5 orang pekerja. Sedangkan, usaha kecil memiliki tenaga kerja daro 6 sampai 19 orang. Lalu untuk usaha menengah memiliki jumlah tenaga kerja sekitar 20 sampai 99 orang.

  • Kekayaan Bersih

Perbedaan UKM dan UMKM selanjutnya bisa dilihat dari kekayaan bersihnya. UMKM merupakan unit usaha yang tergolong ke usaha mikro memiliki kekayaan bersih terbesar sampai Rp. 50 juta serta tak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. sementara, unit usaha kecil memiliki kekayaan besih sekitar Rp. 50 juta sampai Rp. 500 juta maksimalnya. Lalu untuk usaha menengah, kekayaan bersihnya bisa capai lebih dari Rp. 500 juta sampai Rp. 10 miliar maksimalnya.

  • Omzet

Perbedaan berikutnya dari UKM dan UMKM bisa dilihat dari omzet atau total pendapatan usaha. Usaha mikro memiliki omzet tahunan terbanyak mencapai Rp. 300 juta. Sementara usaha kecil omzet per tahunnya dapat mencapai Rp 300 juta hingga Rp 2,5 miliar maksimalnya. Beda lagi usaha menengah, omzet per tahun bisa capai Rp 2,5 milliar ke atas, bahkan sampai Rp 50 milliar.

Seperti yang dikatakan di atas, jika Anda mempunyai UKM ataupun UMKM sebaiknya didaftarkan. Hal itu karena akan terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan nanti jika usaha telah terdaftar. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui cara mendaftar ukm go online. Nah, untuk membantu Anda, berikut adalah cara pendaftaran UKM online.

Cara untuk Daftar UKM atau UMKM Online

  • Membuka situs oss.go.id melalui ponsel.
  • Login memakai akun yang telah dimiliki.
  • Jika belum memiliki akun, Anda bisa mendaftar lebih dulu pada menu Registrasi.
  • Apabila telah bisa masuk, Anda klik Perizinan Berusaha, kemudian klik Perseorangan.

Pilih pendaftaran NIB yang sesuai jenis usaha milik Anda.

  • Isilah formulir secara lengkap.
  • Klik Simpan dan Lanjutkan.
  • Pilih Tambah Usaha, lengkapi formulir data bisnis atau usaha Anda.
  • Pilih Simpan dan Lanjutkan.
  • Untuk usaha keci di formulir Komitmen Prasarana Usaha bisa ajukan Izin Lokasi serta Izin Lingkungan. Pilih Selanjutnya.
  • Lihat rangkuman yang sudah diisikan.
  • Pilih Proses NIB.
  • Jika sudah punya dokumen NIB, Anda bisa untuk daftar BLT sekitar Rp 1,2 juta baik online ataupun offline.

Nah, begitulah cara untuk daftar UKM dan UMKM online. Selanjutnya untuk Anda yang ingin mulai usaha, juga perlu mengetahui tentang beberapa jenis UMKM. Berikut adalah jenis jenis usaha UMKM.

Jenis-Jenis UMKM

  • Usaha Agrobisnis

Dengan manfaatkan sisa dari halaman sekitar rumah, Anda bisa untuk mulai jenis usaha pada bidang agrobisnis. Anda bisa menggerakkan usaha pada bidang peternakan dan pertanian. Anda hanya perlu untuk membeli bibit tanaman ataupun hewan ternak, lalu selanjutnya bisa dipanen. Hasil panen bisa berupa sayur, padi, buah-buahan, daging, dan telur. Hasil panen pastinya bisa Anda jual langsung ke berbagai pasar tradisional. Salah satu pebisnis yang sukses pada bidang agrobisnis adalah Bob Sadino.

  • Usaha Kerajinan Tangan

Usaha yang termasuk UMKM selanjutnya adalah pada bidang kerajinan tangan. Usaha ini memerlukan modal inovasi dan kreativitas. Bahan dasarnya juga bisa didapatkan secara mudah serta gratis. Ada banyak UMKM yang membuat kerajinan dari barang-barang bekas, tapi mampu untuk bersaing dengan produk-produk pabrikan. Bahkan beberapa diantaranya berhasil untuk kuasai pasar sampai keluar negeri.

  • Usaha Bidang Otomotif

Apabila Anda adalah orang yang suka dan hobi untuk otak-atik spare part, buka usaha pada bidang otomotif adalah pilihan tepat. Anda bisa mulai usaha ini dengan buka jasa cuci motor serta mobil, buka toko spare part ataupun toko perlengkapan berkendara yang aman seperti sarung tangan, jaket, dan helm SNI.

  • Usaha Kuliner

Siapa yang tidak tahu tentang usaha yang satu ini? Bisnis pada bidang kuliner adalah salah satu yang tidak akan pernah mati. Alasannya karena makanan adalah kebutuhan pokok untuk kehidupan manusia. Tanpa makan, manusia bisa menjadi tak dapat lanjutkan hidup. Seseorang mungkin akan dapat untuk tahan hasrat membelanjakan uang untuk membeli barang-barang yang diinginkan. Namun, seseorang tak mungkin akan merasa enggan untuk keluarkan uang demi bisa makan.

Nah, demikian pembahasan secara singkat tentang cara mendaftar ukm go online dan beberapa hal yang berkaitan. Semoga bermanfaat!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *