Biaya Internet Marketing

  • Berani
  • Sep 28, 2021
Biaya Internet Marketing

Internet marketing bukanlah cara yang baru. Meskipun begitu, peminatnya semakin meningkat setiap tahun. Jika Anda baru dalam dunia ini, Anda akan bertanya “Berapa banyak biaya yang harus saya keluarkan untuk jasa internet marketing?”. Berikut ini panduannya untuk Anda.

Anggaran yang Harus Disiapkan

Menurut para profesional industri, aturan praktisnya adalah Anda harus membelanjakan 5% dari total pendapatan Anda untuk pemasaran. Namun, hal tersebut harus diputuskan dengan mempertimbangkan beberapa hal.

Apakah tujuan Anda untuk meningkatkan traffic? Atau untuk menjual lebih banyak produk? Jadi, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah apa tujuan Anda dan juga saluran penjualan seperti apa yang ingin Anda bangun berdasarkan tujuan itu.

Anda juga perlu melihat kompetitor. Jika kompetisi di industri Anda cukup sengit, Anda mungkin tidak bisa lolos dengan hanya menghabiskan 5% untuk pemasaran. Anda mungkin perlu meningkatkan anggaran itu untuk bersaing dengan apa yang saat ini ada.

Pos-Pos Pengeluaran Internet Marketing

Dalam mengoptimalkan biaya pemasaran online, ada beberapa pos pengeluaran yang perlu diperhatikan. Anda perlu mempertimbangkan biaya layanan SEO, pembuatan artikel, media sosial, dan juga PPC.

Pengeluaran Internet Marketing

1.      Biaya Layanan SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu aspek internet marketing yang tidak bisa disingkirkan. Umumnya, praktik SEO membutuhkan waktu 3 bulan hingga 6 bulan. Semakin lama SEO dilakukan, semakin kuat brand terbangun di internet.

Anda perlu menyiapkan setidaknya Rp3 juta hingga Rp15 juta per bulan. Uang ini digunakan untuk berlangganan tools.

Namun, jika Anda memilih untuk menggunakan agensi, Anda bisa menyiapkan uang sebesar Rp1 juta hingga Rp3 juta rupiah per bulan.

Menggunakan jenis layanan SEO ini berarti semua urusan terkait mesin pencari akan diatasi. Anda juga mungkin untuk membangun hubungan bisnis yang kuat untuk masa depan.

2.     Jasa Pembuatan Artikel

Konten adalah raja. Anda perlu memberikan perhatian khusus terhadap artikel di situs web. Artikel yang ramah SEO bisa mendatangkan pelanggan potensial. Anda bisa hiring seorang Content Writer untuk perusahaan.

Namun, jika ingin menggunakan jasa pembuatan artikel, Anda bisa menyiapkan uang mulai dari Rp25 ribu hingga Rp40 ribu per artikel. Hal ini bergantung pada panjangnya artikel yang dipesan.

3.     Iklan dan Manajemen Media Sosial

Media sosial gratis untuk digunakan, bukan? Sayangnya, hal ini tidak selalu terjadi. Anda harus mengeluarkan uang tunai untuk pemasaran online melalui Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya.

Jika Anda ingin menggunakan jasa agensi, siapkan uang sebesar Rp3 juta per bulan. Ini sudah termasuk pembuatan konten, desain, upload, juga biaya iklan media sosial.

Namun, jika Anda ingin melakukannya sendiri, siapkan Rp1 juta hingga Rp3 juta untuk biaya iklan. Hal ini bergantung kepada target konsumen serta cakupan daerah iklan akan ditayangkan.

Kampanye sosial melibatkan lebih dari sekadar berbagi gambar dan membuat tagar. Iklan di media sosial tidak hanya membutuhkan banyak perencanaan dan analisis, tetapi juga memerlukan taktik yang dipikirkan dengan matang dalam hal periklanan online.

Anda perlu menghabiskan jumlah uang yang tepat, di area yang tepat, untuk menjangkau orang yang tepat.

4.     Biaya Periklanan PPC

Pay Per Click (PPC) Marketing merupakan pemasaran yang memungkinkan traffic masuk ke situs web Anda. Iklan ini akan muncul di halaman mesin pencari setiap calon pelanggan potensial.

Lantas berapa biayanya? Anda bisa menyiapkan uang sebesar Rp25 ribu per hari untuk hasil yang optimal.

Itulah biaya internet marketing yang perlu Anda siapkan. Jadi, sudah siap untuk bersaing dalam pemasaran digital?

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *